Mobil merupakan kendaraan roda empat yang lebih diminati karena bisa memuat banyak orang atau barang. Mengingat fisik mobil itu besar dan beban yang ditanggungnya cukup berat, untuk menjalankannya pun memerlukan bahan bakar dalam jumlah besar. Lakukan cara irit bensin ini untuk menghemat pengeluaranmu.

Banyak dari pemilik mobil yang mencari cara irit bensin mobil untuk menekan pengeluarannya agar menjadi lebih hemat. Hal ini juga dikarenakan harga bahan bakar mobil menjadi semakin mahal seiring bertambahnya waktu. Nah, bagi kamu yang bingung cara mengirit bensin, perlu banget menyimak ulasan berikut.

Cara Irit Bensin Mobil

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat bahan bakar yang digunakan untuk menjalankan mobil kamu. Cara irit bensin mobil tersebut diantaranya yaitu

  1. Mengikuti batas kecepatan yang telah ditentukan.

Jika kamu mengikuti aturan dengan mempertahankan laju kendaraan dalam batas maksimal yang ditentukan di jalan yang kamu lewati, hal ini cukup efektif untuk menghemat bahan bakar. Hal ini karena semakin kencang mobil yang kamu kendarai, bahan bakar mobil bisa menurun secara drastis. Yang paling penting lagi, kamu tidak boleh terlalu sering menginjak pedal akselerasi terlalu dalam lalu mengerem secara tiba-tiba.

  1. Mengatur putaran mesin mobil dan menambah kecepatan secara bertahap

Putaran mesin ini dapat dilihat pada bagian speedometer yang umumnya tertulis angka 1 hingga 7 atau 8, dan untuk mobil sport bisa mencapai angka 15, ini masih tergantung juga dari jenis mobil yang kamu miliki. Satu hal yang membuat mobil kamu boros bahan bakar adalah ketika kamu melajukan mobil dengan laju putaran terlalu tinggi atau terlalu rendah secara konstan. Agar lebih irit, kamu bisa mengatur putaran ideal di 2500-3000 rpm dengan cara menginjak pedal gas perlahan-lahan.

  1. Menggunakan gigi yang tepat

Jika kamu mengendarai mobil dengan terus berada pada gigi rendah atau gigi tinggi dan tidak kamu sesuaikan dengan kondisi jalan yang kamu lewati, maka akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih banyak. Kamu bisa mengaturnya, seperti berada pada gigi 1 atau 2 saat melintasi jalan yang menanjak pada mobil transmisi manual dan posisi S atau L untuk mobil matic.

  1. Hindari berhenti lama dalam kondisi mobil menyala

Jika kamu memang berniat untuk berhenti dalam waktu lama, meskipun berada di dalam mobil saja, sebaiknya mobil kamu matikan. Karena jika tetap dalam keadaan menyala, ini juga dapat memakan bahan bakar.

  1. Melakukan servis secara berkala.

Merawat mobil adalah suatu kewajiban bagi semua pemilik mobil. Dengan melakukan servis secara berkala, kotoran pada busi akan hilang, yang mana dapat memperlancar putaran mesin sehingga semakin lancar tenaganya dan semakin hemat pemakaiannya.

  1. Tekanan angin ban harus tepat.

Tekanan angin pada ban harus tepat, karena dengan begitu, kemampuan berjalan mobil akan lebih jauh mengirit bahan bakar. Ukuran tepatnya perlu disesuaikan dengan rekomendasi dari pabrik ban tersebut.

  1. Membersihkan saringan udara.

Saringan udara yang kotor akan membuat tenaga dan efisiensi mesin menjadi berkurang dan meningkatkan penggunaan bahan bakar. Pembersihan ini juga merupakan langkah perawatan yang perlu kamu lakukan sebagai tindakan menghemat bahan bakar. Jika saringan udara ini memang sudah tidak bisa digunakan, kamu bisa segera menggantinya dengan yang baru, tujuannya untuk kelancaran operasi pada mobil.

Cara irit bensin mobil di atas bisa kamu coba untuk penghematan bahan bakar mobil kamu. Semakin hemat bahan bakar pastinya bisa membuat kamu bisa mengendarai mobil lebih jauh dengan tidak menghabiskan bahan bakar banyak. Semoga bermanfaat. Lakukan cara irit bensin ini untuk menghemat pengeluaranmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *