Mobil dengan bentuk yang besar dan dapat membawa banyak orang tidak jarang akan memunculkan bau-bau yang tidak sedap. Bau tidak sedap ini bisa berasal dari banyak penyebab, bisa dari barang-barang belanjaan, asap rokok, makanan dan minuman yang dibawa saat di dalam mobil, keringat, baru, sepatu dan lain sebagainya. Pastinya bau ini membuat akan tidak nyaman bukan? Bagaimana cara menghilangkan bau di mobil agar kembali segar kembali?

Kamu bisa menghilangkan bau-bau tidak sedap yang ada di dalam mobil dengan berbagai cara. Untuk langkah-langkahnya, bisa kamu ikuti langkah berikut ini.

  1. Menggunakan Pengharum Mobil yang Beraroma Lembut

Pengharum mobil menjadi langkah pertama untuk cara menghilangkan bau di mobil. Fungsinya tidak lain untuk menyegarkan aroma udara di dalam mobil, yang paling aman adalah pengharum yang memiliki aroma lembut dan tidak menyengat. Ketika kamu menyemprotkan pengharum tersebut, jangan langsung menutup kaca atau pintu mobilnya. Beri jeda waktu sekitar 30 menit agar sirkulasi udara berjalan maksimal dan bau tidak sedap sebelumnya bisa keluar.

  1. Vacuum Cleaner

Vacuum Cleaner yang dapat menyedot kotoran dan debu bisa kamu coba untuk menghilangkan bau tidak sedap yang ada di mobil. Karena bisa jadi bau tersebut berasal dari kotoran bekas makanan atau sesuatu yang terjatuh di dalam mobil. Kamu bisa menggunakan vacuum cleaner ini untuk membersihkan seluruh interior mobil, terutama yang berbahan kain, karpet dan alas kaki. Jika ada, pilihlah vacuum cleaner yang berujung ramping, sehingga dapat lebih maksimal dalam membersihkan bagian-bagian yang ada di mobil.

  1. Bubuk Kopi

Bubuk kopi ini bukan untuk diseduh dan diminum ya, tetapi digunakan untuk mengusir bau tidak sedap yang ada di dalam mobil. Caranya cukup mudah, kamu hanya tinggal menaburkan bubuk kopi di sebuah wadah lalu letakkan wadah tersebut di bawah jok mobil. Jangan salah, bubuk kopi ini sangat ampuh untuk mengusir bau-bau tidak sedap.

Sebenarnya tidak hanya bubuk kopi yang bisa mengusir bau, kamu bisa menggunakan bahan-bahan lain seperti daun pandang, bubuk kayu manis, arang, cuka atau baking soda. Jadi bisa kamu sesuaikan dengan apa yang ada ya..

  1. Rutin Membersihkan Mobil

Jika bau-bau tidak sedap tadi sudah hilang, langkah selanjutnya agar mobil tetap bersih dan aroma tetap segar, kamu harus rutin untuk membersihkannya. Ada beberapa perlengkapan yang bisa kamu siapkan untuk membersihkan mobil, seperti spons, air hangat, dan sabun. Cara membersihkannya dengan mengangkat alas dan karpet mobil. Kemudian sapu atau gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu-debu dan kotoran yang ada. Pada bagian bawah biasanya banyak sekali sampah makanan yang terjatuh dan tidak terlihat.

Selanjutnya bersihkan langit-langit mobil, dengan cara mengoleskan cairan sabun pembersih menggunakan kuas. Lalu ratakan dengan menggunakan handuk dan kemudian keringkan dengan kain perca. Pada bagian seatbelt juga perlu untuk dibersihkan.

Cara pertama dengan menarik sabuk keselamatan hingga mentok lalu pelintir beberapa kali. Cara ini dilakukan untuk mengembalikan kerenggangan sabuk. Untuk membersihkannya cukup dengan menggosoknya menggunakan kuas lalu diratakan dengan spons dan keringkan dengan kain perca. Yang paling penting lagi adalah membersihkan bagian penyaring udara yang ada di pendingin ruangan.

Cukup mudah dan praktis bukan? Jika alat-alat seperti vacuum cleaner tidak kamu miliki, bisa kamu ganti dengan sapu. Kamu bisa menggunakan alat-alat pembersih rumah lain yang kamu miliki. Ikuti cara menghilangkan bau di mobil tersebut untuk mendapatkan bau segar kembali di dalam mobil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *