Bepergian ke tempat yang jauh memang lebih mudah menggunakan kendaraan pribadi, yang mana kamu bisa mampir atau berhenti dimana pun sesuai keinginanmu. Berbeda dengan mengendarai kendaraan umum yang hanya berhenti di tempat-tempat tertentu saja. Apalagi jika kamu ingin pergi ke tempat-tempat lain yang harus mencari kendaraan umum lain dan akan menambah pengeluaran kamu. Ada beberapa tips berkendara jarak jauh yang aman dan nyaman untuk kamu. Tips-tips tersebut diantaranya adalah

  1. Mempersiapkan Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jauh, kamu harus memeriksa bagaimana keadaan kendaraan yang akan kamu kendarai. Hal ini dilakukan untuk keamanan kamu saat berkendara dan mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Beberapa bagian yang perlu kamu periksa meliputi:

  1. Oli mesin

Jika kamu merasa kualitas oli menurun, disarankan untuk kamu mengganti oli mesin dengan yang baru. Kamu juga bisa memperkirakan jarak tempuh yang akan kamu lalui, sehingga bisa diperkirakan juga apakah butuh mengganti oli ditempat tujuan atau tidak.

  1. Ban mobil

Pengecekan ban mobil ini bisa kamu lakukan dengan melihat kondisi visualnya hingga tekanan angin dalam kondisi ideal. Jangan ketinggalan juga untuk mengecek kondisi ban cadangan yang kamu bawa.

  1. Sistem pengereman

Pastikan bahwa sistem pengereman bekerja dengan sempurna, jika tidak ini akan sangat membahayakan keselamatan kamu.

  1. Aki

Untuk menghindari mobil sulit di starter, pastikan aki dalam keadaan sehat. Bersihkan kerak yang menempel dan pastikan level air aki dalam jumlah cukup.

2.  Persiapan Fisik Pengemudi

Untuk tips berkendara jarak jauh, fisik pengemudi juga perlu untuk disiapkan. Karena sebagai pengemudi mobil, keadaan fisiknya harus tetap dalam keadaan prima. Jika tidak, perjalanan kamu akan mengalami banyak kendala bahkan bisa membahayakan keselamatan semua yang ada di dalam mobil. Persiapan yang perlu diperhatikan untuk pengemudi diantaranya adalah

  1. Tidur malam yang cukup.

Tidur malam yang cukup sangat diperlukan untuk menyiapkan stamina kamu agar tetap prima selama di perjalanan.

  1. Hindari mengkonsumsi makanan berat berlebih

Hal ini dilakukan untuk membuat badan kamu nyaman. Pastikan juga, kamu tidak mengalami dehidrasi.

  1. Menggunakan pakaian yang nyaman

Pakaian dari bahan katun dan menyerap keringat sangat disarankan. Jangan lupakan juga memakai jaket untuk menghindari rasa dingin. Menggunakan sepatu saat mengemudi juga sangat disarankan.

3. Mempersiapkan Kebutuhan Selama Perjalanan

Hal-hal yang perlu disiapkan bisa berupa logistik hingga kebutuhan mendetail seperti uang elektronik. Beberapa kebutuhan penting yang perlu dipersiapkan diantaranya:

  1. Makanan dan minuman

Makanan dan minuman yang kamu bawa sendiri akan lebih menghemat pengeluaran selama perjalanan dan juga lebih higienis.

  1. Pakaian ganti

Pakaian ganti ini bisa kamu bawa jika perjalanan yang kamu lakukan memerlukan waktu berhari-hari.

  1. Uang elektronik dan dokumen penting

Uang elektronik ini perlu kamu siapkan karena saat ini transaksi sebagian besar jalan bebas hambatan atau jalan tol hanya bisa dilakukan dengan uang elektronik saja.

  1. Ketahui Teknik Mengemudi Mobil

Selain berbagai barang kebutuhan dan persiapan fisik, kamu juga perlu mengetahui bagaimana tips mengemudikan kendaraan yang aman dan nyaman ketika melakukan perjalanan jauh. Beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya adalah

  1. Menyiapkan rute perjalanan yang akan dilalui

Selain menyiapkan rute melalui jalan utama, kamu juga perlu menyiapkan rute jalan alternatif untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu di jalan utama.

  1. Patuhi rambu-rambu lalu lintas

Mematuhi semua peraturan yang ada di jalan adalah kunci utama dalam keselamatan berkendara.

  1. Selalu sabar dan bisa toleransi dengan pengguna jalan lainnya.
  2. Lakukan istirahat setiap dua jam

Hal ini dilakukan dengan tujuan mengembalikan stamina kamu menjadi fit kembali sebelum melanjutkan perjalanan.

Dengan mengikuti beberapa tips berkendara jarak jauh di atas semoga bisa membantu perjalanan kamu lebih aman dan tetap nyaman. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *