Memiliki mobil bagi sebagian orang adalah sebuah keputusan. Terutama bagi yang mobilitasnya padat dan sehari-hari butuh ruang untuk membawa banyak barang, pasti memiliki mobil pribadi akan lebih efisien. Berikut tips membeli mobil bekas yang bagus.

Membeli mobil tidak harus dalam keadaan baru, bisa juga membeli mobil bekas. Tapi memang, membeli mobil bekas harus ekstra berhati-hati. Kalau tidak, bisa saja mobil yang didapat kondisinya sudah jauh dari layak. Karena itu, simak tips berikut ini sebelum membeli mobil bekas.

  1. Mobil Bekas Sesuai Budget

Mengukur budget yang mampu kamu keluarkan setiap bulannya (jika mencicil) wajib dilakukan. Dengan begitu, kamu jadi tau jenis mobil apa saja yang masuk dalam budget-mu. Jadi pilihan bisa dipersempit dan lebih fokus dalam melakukan riset selanjutnya.

  1. Riset yang Teliti Spesifikasi Mobil

Kalau sudah punya tipe mobil bekas yang diinginkan, langkah ini akan lebih mudah. Kamu bisa fokus pada 1 tipe mobil, pelajari dengan teliti spesifikasi mobil tersebut. Jadi ketika memilih mobil bekas, bisa membandingkan dengan spesifikasi aslinya. Apakah kondisinya masih baik atau tidak.

  1. Survei Harga

Memang harus bersabar kalau mau membeli mobil bekas, karena kita sebagai pembeli memang harus cermat dan teliti kalau mau dapat barang yang bagus. Rajin-rajin mengecek harga di dealer mobil bekas yang kamu inginkan. Ini bisa dilakukan dengan bertanya langsung ke dealer dekat rumah atau di situs jual beli online.

Harga mobil bekas memang tergantung kondisi masing-masing mobil. Tapi setidaknya dengan melakukan survei, kamu jadi tau kisaran harga mobil incaran.

  1. Jangan Mudah Tergiur Harga Murah

Terkadang ada yang mengiklankan mobil tipe incaranmu dengan harga yang jauh lebih murah dari harga rata-rata. Jangan langsung tergiur dulu, harga kelewat murah justru patut diwaspadai. Pasti ada sebabnya kenapa dijual murah. Bisa jadi kondisinya sudah jauh dari layak.

  1. Lebih Teliti Kalau Bukan Membeli dari Dealer

Banyak orang yang menjual mobil bekas secara perorangan. Sah-sah saja membeli dengan cara ini. Tapi pastikan kebenaran identitas pemilik mobil. Apakah alamatnya benar ada atau tidak, tanda pengenalnya asli atau tidak.

Ini penting agar kamu bisa langsung mendatangi tempat si pemilik untuk mengecek mobil. Dan nantinya jika mobil sudah berada di tangan da terjadi masalah, bisa berkoordinasi dengan si pemilik.

  1. Pastikan Melihat Langsung Kondisi Mobil

Kalau beli mobil baru saja kita pergi ke dealer untuk melihat langsung mobilnya, apalagi kalau beli mobil bekas. Melihat langsung kondisi, kualitas, dan performa mobil menjadi sangat penting. Karena itu, lebih baik pilih yang penjualnya sekota denganmu.

Walaupun kamu melihat iklan penjualan mobil bekas melalui internet, tetap saja harus mengecek secara langsung kondisi mesin, AC, dan lain-lain. Kalau perlu, bawa serta teman atau kenalan yang mengerti betul tentang mesin mobil. Bisa juga minta tolong orang bengkel langganan, loh.

  1. Test Drive

Test drive wajib dilakukan kalau kamu sudah memilih mobil. Pastikan kamu benar-benar merasakan dengan teliti dari awal. Mulai dari duduk di kursi pengemudi, memegang setir, kondisi jok, ada bau-bau tertentu, kondisi AC, apakah ada bunyi yang tidak seharusnya, dan lain-lain.

  1. Periksa Berkas-Berkas Kelengkapan Mobil

Sudah menjatuhkan pilihan? sekarang saatnya kamu cek berkas-berkas kelengkapan mobil seperti STNK, BPKB, sertifikat, pajak, dan lainnya. Kalau membeli dari dealer mobil bekas, mungkin saja pihak dealer akan menawarkan hal lain seperti garansi, perlindungan, perangkat anti pencurian, dan lain-lain.

Jadi, jangan takut ya untuk membeli mobil bekas karena kamu bisa mencoba 8 tips di atas sebelum membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *