Siapa yang tidak ingin bisa mengendarai mobil? Hampir semua orang pasti ingin dapat mengendarai kendaraan roda empat ini. Berbeda dengan sepeda motor, mobil memiliki transmisi dan cara mengendarai yang lebih ‘rumit’. Ada transmisi gigi, kopling, pedal rem, pedal gas, tuas rem tangan, dan masih banyak lagi. Berbeda dengan sepeda motor yang hanya memiliki sedikit komponen yang perlu digerakkan seperti tuas rem, gas, dan pedal rem serta kopling pada motor bebek. Yuk simak selengkapnya tips belajar mobil matic yang harus kamu ketahui.

Maka dari itu, bisa mengendarai sebuah mobil menjadi kebanggaan tersendiri yang bisa kamu rasakan. Mobil sendiri terdiri dari dua jenis transmisi yaitu mobil matic dan mobil manual. Cara mengendarai kedua mobil ini pun berbeda. Perbedaannya cukup signifikan sehingga kamu harus membaca panduan mengendarai kalau ingin belajar mengendarai salah satunya. Untuk mobil matic, kamu tidak perlu khawatir. Di sini kamu akan diinformasikan mengenai tips belajar mobil matic untuk pemula. Tanpa basa basi lebih panjang, yuk cek penjelasannya di bawah ini.

Tips Belajar Mobil Matic Untuk Kamu Yang Pemula

Terdapat beberapa tips belajar mobil matic untuk kamu yang pemula di bidang mengendarai mobil. Tips-tips ini bisa membuatmu lihai berkendara dalam waktu yang cukup cepat. Berikut adalah tips belajar mobil matic.

1. Hafalkan Posisi Tuas Transmisi

Hal pertama yang harus kamu lakukan saat ingin belajar mobil matic adalah ketahui posisi tuas transmisinya. Mobil matic adalah jenis mobil yang sangat bergantung pada transmisi. Supaya kamu dapat mengemudikan mobil matic dengan lancar, kamu wajib untuk menghafalkan urutan dan fungsi masing-masing tuas transmisi.

Umumnya mobil matic memiliki enam tuas transmisi yaitu P-R-N-D-M(+/-) atau P-R-N-D-2-L. Setiap huruf dari tuas transmisi ini memiliki arti dan fungi yang berbeda. Tuas ini juga digunakan dalam situasi yang berbeda pula. Maka dari itu, pastikan untuk mengetahui kombinasi tuas transmisi pada mobil yang kamu gunakan.

2. Pahami Cara Kerja Transmisi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, masing-masing huruf pada transmisi memiliki arti dan fungsi yang berbeda-beda. Tuas transmisi P atau Park digunakan agar mobil diam di tempat. Transmisi ini bisa kamu gunakan saat sedang memanaskan mobil atau parkir untuk waktu yang lama. Untuk bisa membuat mobil berjalan ke depan, kamu bisa menggunakan tuas transmisi D atau Drive. Dengan begitu mobil akan otomatis jalan sendiri karena ini merupakan mobil matic. Kalau kamu perlu menambahkan kecepatan kamu bisa menginjak pedal gas secara perlahan.

Untuk tuas transmisi huruf N atau Neutral biasanya digunakan saat kamu sedang berada di jalanan yang padat atau padat. Pada saat ini biasanya mobil akan jalan sebentar lalu berhenti lalu jalan dan berhenti kembali. Untuk situasi seperti ini tuas transmisi N-lah yang paling tepat. Di sisi lain, tuas L atau 2 biasanya digunakan saat kamu ingin melewati jalanan yang menanjak. Dengan tuas transmisi ini putaran mesin akan dipercepat sehingga bisa melewati jalanan yang menanjak.

3. Gunakan Hanya Satu Kaki

Tips terakhir yang bisa kamu gunakan adalah gunakan hanya satu kaki. Jangan gunakan kedua kakimu pada masing-masing pedal. Hal ini dilakukan agar kamu terhindar dari salah injak pedal atau malah menginjak kedua pedal pada saat sedang panik. Gunakan hanya satu kaki yang dominan.

Hal ini dikarenakan pada mobil matic kamu hanya perlu memindahkan kakimu pada pedal rem atau gas.mudah sekali bukan? Jadi, sudah siap untuk belajar mobil matic?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *