Kelebihan mobil manual sudah tidak diragukan lagi sejak dahulu. Apalagi jika kamu baru saja akan belajar menyetir mobil. Mengapa demikian? Pasalnya akan lebih baik jika kamu memahami dan mempelajari mobil manual terlebih dahulu agar tidak kaget. Dengan mempelajari mobil manual terlebih dahulu, kamu bisa lebih mudah menyetir matic. Tetapi jika kamu belajar mobil matic terlebih dahulu, akan lebih sulit untuk belajar mobil manual setelahnya.

Meskipun rasanya semakin hari orang-orang lebih menyukai hal yang simpel, namun mobil manual masih memiliki keunggulan yang bisa diandalkan. Hal ini karena banyak yang mengeluhkan kaki menjadi lebih pegal dan mudah lelah karena kopling ketika mengendarai manual. Namun apakah benar mobil manual tidak laku lagi?

Bagi kamu yang penasaran, ini dia beberapa kelebihan dari mobil manual untuk dikendarai.

  1. Keiritan Mobil Manual

Siapa yang belum tahu jika ternyata mobil manual lebih irit? Meski terkesan repot mengendarainya, tetapi mobil manual memiliki kelebihan dalam hal irit bahan bakar. Kenapa begitu? Mobil manual dilengkapi dengan fitur untuk dikendarai di mana kamu bisa mengatur sendiri putaran dari mesin. Misalnya berapa RPM gas yang diinjak dengan bantuan melepaskan kopling secara perlahan.

Dengan cara ini mobilmu sudah bisa dijalankan dengan mudah. Namun kamu juga harus perhatikan ya, jika suara mesinnya mulai berat, artinya kamu harus menaikkan giginya dengan memindahkan gigi dari 1 ke 2 dan seterusnya. Ketika kamu sudah menaikkan giginya, RPM nya akan turun. Putaran mesin yang rendah akan membuat bensin yang terbakar juga lebih sedikit.

  1. Harga Mobil Lebih Murah

Rasanya sudah bukan rahasia lagi jika mobil dengan sistem manual ini lebih murah. Bahkan selisih harganya bisa kamu gunakan untuk kebutuhan lainnya yang lebih penting lho. Jika kamu sedang mencari mobil murah, kamu bisa pertimbangkan untuk membeli mobil bersistem manual ini. Sudah mencari dan masih terasa mahal? Mengapa tidak membeli mobil bekas yang bersistem manual saja.

Selain lebih hemat harga pembeliannya, kamu juga bisa menghemat bahan bakar dengan menyesuaikan spesifikasi mesin serta bahan bakar yang akan digunakan.

  1. Harga Oli Lebih Murah

Hal lain yang tidak kalah penting selain bahan bakar adalah oli. Oli ini harus diganti dalam jangka waktu tertentu agar mesin tetap dalam kondisi prima dan stabil. Ibaratnya mengganti oli ini wajib kamu lakukan jika memiliki mobil. Kamu bisa mengganti oli mobil manual setelah melakukan perjalanan sekitar 10 ribu kilometer.

Memang membutuhkan biaya penggantian oli. Tetapi rata-rata oli untuk mobil manual ini lebih murah. Jika kamu masih percaya pada orang yang mengatakan bahwa oli mobil dengan transmisi manual bisa tidak diganti sampai 3 tahun lamanya, lebih baik jangan dihiraukan. Karena melakukan perawatan mobil salah satunya dengan mengganti oli adalah hal utama yang harus diperhatikan. Tentu kamu tidak mau bukan mobilmu mudah bermasalah hanya karena oli yang tidak diganti-ganti.

  1. Mudah Di Dorong Ketika Mogok

Siapa yang tidak pernah mengalami keadaan mobil yang mogok. Kelebihan dari mobil manual adalah, kamu tetap bisa mendorongnya jika dinamo starter rusak. Untuk itu kamu perlu mendorongnya agar dapat dihidupkan kembali. Kamu hanya bisa melakukan ini pada mobil manual lho. Jadi cukup mendukung dan memudahkan apabila mobilmu mogok secara tiba-tiba.

Kelebihan mobil manual ini bisa menjadi pertimbangan kamu untuk memilikinya sekarang juga. Tentukan budget dan pilih mobil manual favoritmu untuk hidup yang lebih irit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *