Cara merawat mobil matic ternyata cukup mudah. Namun kamu juga harus telaten dan rutin untuk melakukan perawatan secara benar. Tidak hanya rutin saja dan benar saja, kamu sebaiknya juga paham apa saja yang harus dilakukan agar mobil matic awet sepanjang usia. Selain itu, mobil yang dirawat dengan baik juga akan membuatmu berkendara dengan lebih aman dan juga nyaman.

Apalagi mobil matic yang praktis ini sudah cukup mudah untuk dikendarai. Agar kamu tetap bisa mengendarainya dengan mudah, kamu perlu mengenal dan mengerti bagian-bagian dari mobil sehingga kamu bisa mengetahui segera jika ada yang rusak. Nah, agar mobil matic tidak mudah rusak, kamu bisa melakukan perawatan sebagai berikut.

  1. Melakukan Pergantian Oli

Ini adalah hal esensial bagi pemilik mobil. Oli merupakan salah satu bagian yang berguna untuk melancarkan proses kamu berkendara dengan kendaraan bermotor. Kamu bisa melakukan pergantian oli secara rutin. Pergantian ini dapat dilakukan berdasarkan jarak tempuh mobil maticmu atau lamanya kamu menggunakan mobil tersebut. Di sinilah peran pentingnya memahami dan mengenali mobil yang kamu miliki.

Misalnya jika kamu melihat jarak tempuh mobil sudah sekitar 50 ribu kilometer, maka kamu perlu melakukan pergantian oli. Ini berlaku jika kamu menggunakan mobil tidak setiap hari. Jadi jika intensitas penggunaan mobil ini cukup sering, maka jangan tunggu hingga 50 ribu kilometer untuk menggantinya. Perhatikan juga oli yang akan digunakan, jangan sampai kamu tidak menggunakan oli yang berkualitas terbaik.

  1. Posisi Tuas Transmisi

Transmisi pada mobil matic juga harus diperhatikan untuk keawetan. Sering kali orang yang menggunakan mobil matic ini meletakkan posisi tuas transmisi sembarangan. Hal ini yang akan memicu beragam masalah seperti kanvas koplingnya mengalami pergesekan secara terus menerus. Kamu bisa menerapkan posisi transmisi dengan tepat sesuai kondisi.

Contohnya ketika berada di lampu merah, kamu yang mengendarai mobil akan berhenti. Untuk itu posisikan tuas transmisi pada N atau Netral. Jika sedang berhenti namun tuas tidak dipindah ke Netral, maka ini yang menjadi penyebab utama dari kanvas kopling yang mudah aus. Transmisi otomatis pada mobil maticmu lambat laun akan mengalami kemunduran dan tidak optimal seperti baru.

  1. Panaskan Mobil

Semua orang yang memiliki mobil pastinya akan rutin untuk memanaskan mobil. Ini ternyata adalah hal penting untuk merawat mobil agar mesinnya tetap prima. Selain itu performa dari mobil matic mu akan terjaga. Memanaskan mobil yang akan digunakan beberapa menit sebelumnya juga dapat menjaga keawetan transmisi. Posisi dari tuas transmisinya juga harus tetap pada Netral agar tidak mudah rusak. Pemanasan mobil juga hal penting untuk diperhatikan dalam perawatan mobil matic kesayanganmu.

  1. Hindari Injak Gas Mendadak

Hal lain yang juga sering dilakukan oleh pemilik mobil matic adalah menginjak gas secara tiba-tiba. Nah, kamu perlu menghindari kebiasaan ini supaya transmisi mobil matic lebih awet. Karena sistem pada transmisi mobil tersebut perlu waktu beberapa detik untuk menekan oli ke konverter torsi. Jika prosesnya terganggu dengan injakan gas yang mendadak, maka sistem belum selesai kinerjanya dan akan menyebabkan katup solenoid menjadi rusak.

Injaklah gas secara perlahan agar katup terjaga sehingga transmisi mobil matic mu juga akan lebih awet. Perawatan mobil matic tidak hanya dari servis saja, tetapi dari pemakaian selama berkendara juga harus diperhatikan. Pasalnya mau dirawat sebagus apapun, jika pemakaiannya sembarangan, maka mobil matic mu juga akan protes di mana akan mudah mengalami kerusakan. simak cara merawat mobil matic ini yuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *