Jika membahas tentang mobil, maka kendaraan roda 4 yang satu ini sudah menjadi sebuah kebutuhan dari segi transportasi. Ada banyak orang yang ingin membeli mobil tertentu, akan tetapi sayangnya belum tentu pembayaran kontan bisa dilakukan. Maka, untuk mengatasi kendala ini sekarang sudah ada nih kredit mobil yang bisa digunakan. Kamu bisa banget mengajukan kredit ini untuk memenuhi kebutuhan serupa tanpa harus ribet.

Buat kamu yang ingin mengajukan kredit untuk membeli mobil, maka pastikan memilih penyedia layanan yang tepat. Di Indonesia ada berbagai pilihan penyedia jasa untuk melakukan kredit ini. Dari jenisnya, ada 2 pilihan penyedia jasa pembayaran yang bisa ditemukan, yaitu leasing dan bank. Untuk mengetahui kedua hal tersebut secara lebih mendalam, simak dulu yuk informasinya di bawah ini!

  1. Persamaan Leasing dan Bank

Kedua penyedia jasa ini sama-sama memberi syarat bagi pengguna jasanya untuk menyediakan DP minimal 30 persen dari harga jual mobil. Ketentuan seperti ini juga sudah diatur oleh Bank Indonesia, sehingga sudah jelas ketetapannya.

Jadi, pastikan kamu memperhitungkan dulu 30 persen dari DP mobil yang akan dibeli terlebih dahulu. Kamu bisa mencari informasi tentang DP ini pada pihak yang menjual mobil. Setelah itu, baru jumlah minimal DP yang harus dibayar dengan uang sendiri bisa dihitung.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Kredit di Bank

Pada saat seseorang akan mengambil kredit di bank, maka ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan. Dengan mengambil kredit mobil di bank, maka suku bunga yang diterima oleh nasabahnya akan lebih rendah dibandingkan dengan leasing. Hal ini sesuai untuk nasabah yang ingin mengambil kredit murah dan DP ringan. Nggak hanya itu, bila nasabah mempunyai uang lebih maka pelunasan sebagian utang pokok bisa dilakukan untuk mengurangi tanggungan angsuran.

Sementara itu, kekurangannya adalah proses pengajuan kredit ini cenderung lebih rumit dan lama dibandingkan dengan leasing. Di samping itu, nasabah juga harus mengurus semua dokumen sebagai persyaratannya. Kemudian, pihak bank akan mengirimkan wakilnya untuk survei. Jika sudah oke, baru proses pengajuan ini pun akan disetujui.

  1. Kelebihan dan Kekurangan Kredit di Leasing

Cara untuk mengajukan kredit mobil juga bisa dilakukan di leasing. Kelebihan yang ditawarkan di sini adalah proses pengajuan dan persetujuan kredit bisa dilakukan dengan lebih mudah juga cepat. Nggak jarang juga calon debitur akan diperlakukan secara istimewa. Staff leasing akan membantu debitur mempersiapkan berbagai dokumen dan debitur nggak perlu bolak-balik pergi ke dealer untuk mengurus prosesnya.

Sedangkan, kekurangannya adalah suku bunga yang dibayar lebih tinggi karena pelayanan ini. Ada juga biaya fidusia, provinsi, dan asuransi. Pembayaran biaya asuransi ini sifatnya wajib, sebab pihak leasing ingin menghindari terjadinya resiko mobil rusak akibat kecelakaan atau hilang. Jadi, asuransi ini bisa mengganti nilai mobil yang rusak atau hilang.

Itu dia beberapa hal penting yang berhubungan dengan kredit mobil. Setelah mengetahui keduanya, maka nggak ada salahnya kamu mempertimbangkannya terlebih dahulu. Setelah merasa yakin, maka kamu pun bisa mengetahui mana proses pengajuan kredit untuk membeli mobil yang paling cocok untuk dipilih. Dengan demikian kamu pun akan semakin mudah dan nyaman untuk membeli mobil melalui pembayaran kredit pada pihak yang bisa memberikan pelayanan secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *