Audio mobil yang menjadi bagian penting dalam sebuah mobil terkadang memerlukan upgrade untuk mendapatkan kualitas bagus. Untuk kamu yang ingin memasang audio dengan kualitas tinggi tentunya perlu mengetahui beberapa aksesoris audio mobil yang akan menunjang performa dari audio. Aksesoris tersebut nantinya akan membuat suara yang dihasilkan audio terdengar lebih jelas dan kuat. Melengkapi aksesoris pada audio tentu membutuhkan pemahaman terkait komponen yang ada pada aksesoris tersebut. Aksesoris audio mobil yang cukup umum digunakan adalah speaker, head unit, dan juga amplifier.

Dalam dunia audio amplifier ini menjadi komponen yang cukup penting dan biasa disebut dengan power. Amplifier ini berguna untuk menguatkan sinyal yang ada pada audio sehingga dapat dialirkan dengan mudah dari head unit menuju speaker. Amplifier ini yang nantinya bertugas untuk menerima sinyal suara dan diolah agar suara audio mobil dapat memiliki tenaga besar dan kuat. Amplifier pada audio juga terdiri dari beberapa kelas yang mempunyai urutan dari mulai kualitas rendah hingga paling baik.

Kelas tersebut terbagi menjadi 4 yaitu A, AB, B, dan juga D. Kelas paling bagus adalah kelas A yang mempunyai kualitas suara paling bagus dan murni. Power untuk kelas ini membutuhkan tenaga yang besar dengan output yang dihasilkan kecil. Namun, dampak buruk yang bisa dihasilkan adalah penggunaan untuk jangka waktu lama akan membuat audio menjadi panas meskipun suara yang dihasilkan murni.

Mengetahui Jenis Aksesoris Audio Mobil Berupa Amplifier dan Rekomendasinya

Seperti yang diketahui bahwa amplifier terdiri dari beberapa jenis. Kualitas dan hasil dari suara biasanya ditentukan oleh jenis amplifier yang digunakan. Maka dari itu, bagi kamu yang ingin memiliki audio dengan suara yang bagus dan jernih maka perlu memilih amplifier yang sesuai dengan tipe audio dan daya yang dibutuhkan. Beberapa jenis amplifier dapat kamu ketahui pada ulasan berikut.

  1. Tipe A

Tipe A pada amplifier yaitu merupakan tingkatan tertinggi. Tipe ini mempunyai kualitas unggul dan menghasilkan suara paling bagus. Kualitas yang unggul tentu berbanding dengan harganya. Untuk mendapatkan amplifier jenis ini kamu mengeluarkan uang yang cukup banyak. Amplifier tipe ini biasanya dijual dengan harga mahal. Namun, juga tergantung pada merknya.

  1. Tipe B

Tipe B merupakan amplifier yang tidak kalah dengan tipe A. tipe B mempunyai keunggulan tidak cepat panas dan hemat tenaga. Suara yang dihasilkan oleh amplifier jenis ini cukup baik meskipun berbeda dengan suara dari tipe A. Bagi kamu yang mempunyai budget menengah dan menginginkan suara baik maka bisa menggunakan amplifier jenis ini.

  1. Tipe AB

Tipe AB adalah tipe amplifier yang paling banyak digunakan oleh semua pengguna mobil. Alasan banyak mobil yang menggunakan amplifier ini adalah efisien dan fleksibel untuk semua tipe mobil. Kamu bisa memilih jenis amplifier ini apabila membutuhkan aksesoris audio yang cepat dan tidak ribet. Kamu juga akan menemukan banyak rekomendasi produk amplifier jenis ini seperti Mosconi M-line 75.4

  1. Kelas D

Kelas D merupakan jenis amplifier yang paling banyak digunakan oleh mobil. kamu bisa mendrive subwoofer dengan menggunakan amplifier jenis ini. Konsep SPL atau sound pressure level mampu untuk menjadikan kualitas suara semakin baik dan enak didengar. Amplifier kelas D ini memiliki daya yang cukup besar dan mampu menerima beban yang berada di bawah 1 ohm.

Jangan sampai salah pilih membeli amplifier untuk mobil kamu ya, jadi mau pilih amplifier tipe yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *