Head unit yang menjadi piranti dalam mobil merupakan hal yang cukup umum dikenal. Adanya head unit ini membuat mobil tampak lebih nyaman untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Head unit ini juga berguna untuk meningkatkan performa seperti adanya sistem GPS. Head unit mobil telah banyak dijual mulai dari tipe mobil keluaran lama hingga terbaru. Alasan adanya head unit dengan tipe berbeda untuk mobil lama dan baru karena bentuk dan sistemnya yang berbeda. Mobil keluaran lama biasanya akan menggunakan single DIN, sedangkan untuk mobil keluaran baru biasanya menggunakan double DIN.

DIN merupakan ukuran dari perangkat audio pada mobil yang dijadikan standar agar perangkat tersebut cocok untuk digunakan pada semua jenis mobil. Mobil keluaran baru yang menggunakan double DIN lebih banyak diminati karena memiliki kelebihan pada layarnya. DIN yang menjadi standar ukuran baku untuk semua produk head unit ini sangat penting untuk diperhatikan. Ketika kamu salah membeli jenis DIN yang dibutuhkan oleh mobil, maka audio tidak akan berfungsi dengan baik.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui jenis head unit yang tersedia untuk mobil serta keunggulan masing-masing dari tipe tersebut. Ukuran untuk DIN yaitu sekitar 5 cm x 18 cm untuk single DIN, sedangkan untuk double DIN maka ukurannya yaitu dua kali dari single DIN. Produsen head unit akan selalu mengikuti aturan ini agar produknya dapat digunakan oleh semua jenis mobil di dunia.

Jenis Head Unit Mobil Dan Keunggulannya Yang Perlu Kamu Ketahui

Seperti yang kamu ketahui bahwa head unit memiliki dua jenis yang berbeda sesuai dengan ukuran dan juga tipe keluaran mobil. Untuk mobil lama yang menggunakan tipe single DIN tentu tidak bisa diganti dengan double DIN. Begitupun dengan mobil keluaran baru yang menggunakan double DIN tidak bisa menggunakan tipe single DIN. Hal ini dikarena ukuran dan performanya bisa menurun apabila tidak menggunakan DIN yang sesuai dengan aslinya.

  1. Single DIN

Single DIN merupakan jenis head unit yang telah ada pada mobil keluaran lama. Single DIN memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan double DIN yaitu sekitar 5 cm x 18 cm. Untuk single DIN biasanya masih menggunakan sistem lama yaitu  dapat digunakan untuk memutar disc atau DVD dan modelnya masih sangat klasik. Untuk keunggulan dari single DIN ini kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak karena sistemnya yang simpel dan desain klasik.

Kamu bisa mendapatkan single DIN ini di setiap toko aksesoris mobil. Meskipun tergolong jadul dan kuno namun single DIN ini masih banyak digunakan karena memiliki kualitas bagus untuk memutar musik atau radio. Mobil keluaran lama umumnya menggunakan single DIN karena ukuranya yang lebih kecil dan mudah untuk dioperasikan.

  1. Double DIN

Double DIN adalah tipe kedua dari head unit. Tipe ini biasanya terpasang pada mobil keluaran terbaru dengan ukuran DIN yang lebih besar dibandingkan dengan single DIN. Ukuran double DIN 2 kali lebih besar apabila dibandingkan dengan single DIN. Double DIN sudah menggunakan layar sentuh dan bisa memainkan banyak multimedia yang tersedia. Double DIN sangat cocok untuk jaman modern yang serba dengan teknologi ini. Kamu bisa menonton film, menyambungkan dengan Bluetooth bahkan menerima telepon melalui head unit double DIN ini.

Setelah mengetahui jenis dan fungsi dari head unit di atas, kamu menjatuhkan hatimu kepada yang mana nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *