Amplifier merupakan salah satu komponen penting dalam sistem audio. Biasanya, komponen ini juga disebut dengan power. Komponen tersebut juga dibutuhkan untuk audio mobil. Tujuan penggunaan komponen ini adalah untuk memperkuat sinyal suara radio yang dihasilkan oleh head unit dan kemudian dialirkan menuju speaker. Sederhananya, fungsi amplifier mobil adalah untuk menerima sinyal suara kemudian mengubahnya agar bertenaga lebih besar.

Umumnya, amplifier untuk audio mobil dikenal dalam dua jenis, yakni multi channel dan monoblock. Biasanya amplifier multi channel dipakai untuk memperkuat output atau keluaran sinyal audio mobil berupa arus listrik yang mengalir ke speaker. Sementara, amplifier monoblock dipakai untuk memperkuat sinyal audio yang mengalir menuju subwoofer, di mana ini memerlukan daya besar. Kemudian, amplifier secara khusus juga terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu kelas A, B, AB, D dan Hybrid. Berikut penjelasannya:

  1. Kelas A

Ini merupakan jenis amplifier yang kualitasnya paling baik dalam menghasilkan suara. Kamu bisa mengandalkannya untuk mengoptimalkan sistem audio di dalam mobilmu. Maka dari itu, jenis amplifier ini biasanya dijual dengan harga yang bisa dibilang sangat mahal. Namun, harga amplifier kelas ini juga tergantung pada mereknya. Jadi, tentu saja beda merek maka beda lagi kualitas dan harganya.

  • Kelas B

Amplifier kelas B tidak mudah panas meski digunakan secara intens. Selain itu, amplifier ini juga menggunakan sedikit energi untuk beroperasi, sehingga tidak boros tenaga. Meski demikian, nggak perlu ragu soal kualitasnya, karena suara yang dihasilkan dari sistem audio mobilmu terdengar cukup baik. Kamu bisa mendengarkan suara audio yang jelas. Kamu pun dapat menikmati hiburan dengan maksimal saat berkendara.

  • Kelas AB

Umumnya ini adalah kelas amplifier yang paling sering digunakan. Banyak pengguna audio mobil yang menggunakan amplifier jenis ini. Alasannya karena dirasa lebih efisien serta fleksibel. Amplifier ini mudah dipasang serta bisa untuk modifikasi. Selain itu, suara yang dihasilkan juga terdengar jelas dan memiliki kualitas yang baik. Ini juga merupakan amplifier yang aman untuk pemula dalam modifikasi audio mobil.

  • Kelas D

Kalau amplifier yang ini paling sering digunakan karena fungsinya sebagai driver untuk subwoofer. Sering juga dipakai untuk konsep Sound Pressure Level atau SPL. Daya Watt amplifier kelas D besar sehingga mampu menampung beban sampai di bawah 1 Ohm. Ini memuat amplifier tersebut mampu dalam menghasilkan suara bass dengan lebih dinamis. Sementara, jenis amplifier kelas D umumnya adalah monoblock.

  • Hybrid

Amplifier hybrid merupakan jenis yang harganya paling murah. Ini adalah sound mobil yang cocok untuk kamu yang sedang mencari amplifier dengan harga bujet terjangkau. Pada amplifier ini terdapat komponen elektronik yang menggunakan tube atau tabung dan transistor. Meski dibekali dengan berbagai komponen elektronik tersebut, amplifier ini tetap dibanderol dengan harga yang terjangkau. Jadi, kamu nggak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membelinya buat dipasang di mobilmu.

Demikian ulasan singkat tentang macam-macam jenis amplifier mobil. Masing-masing jenis amplifier memiliki fungsi dan kelebihannya sendiri. Setiap jenisnya juga dibanderol dengan harga yang berbeda. Kamu bisa membelinya sesuai dengan kebutuhan dan tentunya bujetmu juga.

Biasanya, semua jenis amplifier ini tersedia di toko online. Jadi, pilihannya pun lebih lengkap di sana, dengan harga yang juga murah karena selalu ada diskon serta promo-promo menarik. Lengkapi audio mobil dengan amplifier terbaik agar kualitas suaranya makin gahar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *