Beragam cara bisa kamu lakukan agar berkendara menjadi lebih nyaman. Mulai dari mengganti head unit pabrikan dengan produk aftermarket hingga mengganti cover jok mobil dengan cover jok mobil kulit.Tidak hanya dapat memberikan untuk kenyamanan, cover jok mobil juga dapat memberikan keindahan pada kabin mobil kamu. Pasalnya, kamu dapat memilih desain dan warna kesukaan saat menggantinya. Kamu juga bisa memilih bahan cover jok mobil sesuai selera dan juga budget yang kamu miliki.

Selain dapat mengubah tampilan interior mobil menjadi lebih indah, melapisi jok mobil dengan cover pelindung jok juga dapat melindungi jok mobil dari resiko pudar dan sobek-sobek. Mengingat di pasaran tersedia berbagai jenis bahan dan merek cover jok mobil yang akan membuat kamu bingung saat harus memilih yang terbaik, yuk simak ulasan berikut agar mengela lebih jauh jenis cover jok mobil yang banyak beredar di pasaran.

Mengenal Jenis-Jenis Cover Jok Mobil Kulit dan Hal-Hal yang Perlu Dihindari

Bagi kamu yang berencana membeli cover jok mobil kulit, sebaiknya mengenali jenis-jenis bahan cover jok mobil yang tersedia di pasaran terlebih dahulu. Umumnya, cover jok yang tersedia di pasaran ada dua jenis, yaitu cover jok kulit asli dan kulit sintetis.

  • Cover Jok Mobil Kulit Asli

Sesuai namanya, cover jok kulit asli ini terbuat dari bahan kulit asli. Cover jok jenis ini terbuat dari kulit sapi sebagai bahan pembuat utamanya. Cover jok mobil yang terbuat dari kulit asli ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Begitu juga dengan biaya perawatannya. Namun, cover jok ini bisa memberikan kesan mewah, lembut, nyaman, dingin pada kabin mobil kamu. Selain itu, cover jok ini juga memiliki kemampuan anti gores, anti api, serta tidak cepat rusak.

  • Cover Jok Mobil Kulit Sintetis

Selain dari kulit asli, ada juga cover jok yang terbuat dari bahan kulit sintetis. Cover jok ini dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kulit asli. Begitu juga dalam perawatannya yang jauh lebih mudah dan juga lebih murah. Kelebihan lainnya yang dimiliki cover jok kulit sintetis ini adalah tersedia dalam lebih banyak pilihan warna.

Kamu bisa memilih warna sesuai dengan selera dan teman mobil kamu. Biasanya bahan dasar kulit sintetis terbuat dari Polyvinyl Chloride (PVC) dan Polyurethane (PU). Sayangnya, cover jok yang terbuat dari bahan kulit sintetis ini, lebih mudah rusak saat tergores, dan warna akan perlahan memudar.

Nah, setelah mengetahui jenis-jenis cover jok mobil kulit tadi. Ada beberapa kebiasaan yang perlu kamu hindari agar tidak memperpendek usia cover jok mobil kamu. Pertama, jangan makan makan atau minum sembarangan di mobil. Sebab, kebiasaan ini rentan membuat cover jok terkena tumpahan makanan ataupun minuman. Kedua, jangan membiarkan mobil terpapar sinar matahari langsung atau tidak ditutup ketika menjemur mobil.

Kebiasaan ini dapat membuat cover jok mobil kamu lebih cepat pudar dan gampang sobek. Ketiga, jangan meletakan barang-barang tajam, yang bisa merusak sarung jok mobil, seperti gunting, pulpen, dan lainnya. Keempat, jangan menggesek-gesekan celana ketika duduk di atas jok mobil, karena kancing pada saku celana dapat membuat sarung jok mobil tergores.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *