Siapa yang tidak tahu soal kaca spion? Pastinya semua orang yang pernah berkendara pasti mengetahui soal komponen kendaraan satu ini. Kaca spion bisa kamu temukan pada kendaraan apa saja seperti sepeda, sepeda motor, mobil, hingga kendaraan berat sekalipun mempunyai kaca spion. Hal ini dikarenakan kaca spion berkaitan dengan keselamatan pengemudi dan penumpang kendaraan tersebut. Kaca spion digunakan untuk melihat keadaan di sekitar kendaraan itu sendiri.

Dengan begitu kendaraan bisa bermanuver dengan mudah tanpa menabrak atau membentur apapun. Termasuk kendaraan lainnya. Maka dari itu kaca spion memegang peranan penting dalam suatu kendaraan. Pada mobil sendiri, kaca spion tidak hanya ada dua loh! Mungkin kamu berpikir kaca spion hanya ada dua pada tiap kendaraan seperti pada sepeda motor. Namun mobil mempunyai setidaknya lebih dari tiga kaca spion. Mau tahu? Cek jenis-jenis kaca spion di bawah ini!

Jenis-Jenis Kaca Spion Mobil Yang Perlu Kamu Ketahui

Terdapat beberapa jenis spion pada mobil yang perlu kamu ketahui. Fungsi serta kegunaan kaca spion ini juga berbeda pada tiap jenisnya. Sebagai pemilik mobil tentunya kamu harus mengetahui jenis dan fungsi masing-masing kaca ini. Adapun jenis dan kegunaan kaca spion mobil adalah sebagai berikut.

  1. Kaca Spion Luar (Side View Mirror atau Door Mirror)

Kaca spion luar atau yang memiliki istilah door mirror dan side view mirror merupakan kaca spion yang terletak pada bagian kiri dan kanan mobilmu. Biasanya kaca spion ini terletak di dekat pintu kabin pengemudi. Kaca spion ini berjumlah dua dan terdapat masing-masing satu pada tiap sisi mobil.

Kaca spion luar ini berfungsi untuk memudahkan pengemudi untuk melihat area kiri dan kanan kendaraan. Biasanya digunakan kalau pengemudi ingin berpindah jalur atau ingin memarkirkan mobil. Dengan mengetahui keadaan di kiri dan kanan mobil, pengemudi bisa bermanuver dengan mudah tanpa resiko menabrak atau membentur barang lain.

2. Kaca Spion Dalam (Rear-Vision Mirror)

Jenis kaca spion kedua adalah kaca spion dalam. Kaca spion dalam ini juga disebut sebagai rear-vision mirror. Kaca spion dalam ini biasanya terletak dan tergantung pada langit-langit kabin pengemudi. Tepatnya di atas dashboard. Spion dalam ini memiliki bentuk persegi panjang dan berfungsi untuk melihat area belakang mobil. Area belakang mobil ini tentunya tidak bisa dijangkau oleh spion luar.

Maka dari itu, di sinilah fungsi kaca spion dalam. Fungsi kaca spion dalam ini juga berhubungan dengan kaca mobil belakang. Jadi pastikan kamu tidak menggunakan kaca mobil belakang dengan warna yang gelap agar kamu bisa mengetahui pemandangan di belakang mobilmu dengan jelas.

3. Kaca Spion Tambahan (Fender Mirror)

Terakhir ada kaca spion tambahan atau fender mirror. Kaca spion tambahan ini biasanya seringkali diabaikan karena bentuknya yang kecil dan nyaris lepas dari perhatian pengemudi. Spion tambahan ini biasanya terletak pada kiri, kanan, atau kedua sisi fender mobil. Maka dari itu ia dinamakan fender mirror. Fender mirror ini biasanya memiliki kaca dengan bentuk cembung. Berbeda dengan kedua jenis kaca spion yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Fender mirror juga memiliki fungsi yang berbeda yaitu untuk melihat posisi ban mobil dan posisi trotoar saat ingin parkir. Dengan begitu pengemudi bisa memposisikan ban dengan benar dan meminimalisir ban nyerempet trotoar saat ingin parkir. Bermanfaat sekali bukan semua jenis kaca spion mobil ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *